Kamis, 04 Juli 2013

ID Card QR-code

ID-card Mocca's Swinging Friends premium members dengan qrcode barcode idcard murah bandung
ID-card Mocca's Swinging Friends dengan QR-code
Untuk cetak id card QR-code dengan kualitas terbaik, silahkan hubungi kami di 022.9152.9953 dan 0821.2145.4675 dan 0813.2060.7341

QR dalam QR code merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, sesuai dengan tujuannya yaitu untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula.
Dalam aplikasi id card, QR code sering digunakan untuk berbagai fungsi dan tujuan. Ada yang memanfaatkannya untuk menghubungkan ponsel dengan situs yang dituju via QR code tersebut. Cukup mengaktifkan program scanner QR code, mengarahkan kamera
ke QR code, selanjutnya program pembaca QR code akan secara otomatis memindai data yang telah tertanam pada QR code. Jika QR code berisikan alamat URL suatu situs, maka pelanggan dapat langsung mengakses situs tersebut tanpa harus mengetikkan alamat dari situs yang dituju terlebih dahulu.


Ada juga QR code yang dipasang pada kartu pelajar / mahasiswa, sehingga akan mempermudah proses absensi siswa, dan mempermudah akses bagi para siswa, guru, dan orang tua murid kepada informasi proses belajar mengajar.

QR code dapat dimanfaatkan sebagai keamanan makanan dengan cara menambahkan QR code yang berisikan data-data mengenai komposisi, masa kadaluarsa, informasi alergi, jumlah kalori dan nutrisi yang terkandung pada tiap label id card makanan sehingga pelanggan dapat merasa lebih aman dalam memilih makanan yang dibeli sebab mereka dapat mengetahui informasi-informasi tentang makanan tersebut.

QR code juga bisa diaplikasikan / difungsikan menjadi virtual card (V-card) yaitu memuat biodata, nama, alamat, nomor telepon, email, facebook, twitter, website, pin BB, dan informasi penting lainnya. Jadi kalau perusahaan/perorangan menggunakan aplikasi ini dapat memudahkan klien/pelanggannya, tinggal scan QR code nya dan langsung simpan di HP-nya tanpa harus mengetik semuanya. Sangat mudah.

QR code atau Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau barcode dua dimensi yang mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal. Oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada Barcode / kode batang 1 dimensi.

ciri-ciri qrcode specification matrix barcode 2 dimensi idcard murah bandung
QR-code specification
Kode QR memiliki kapasitas tinggi dalam data pengkodean, yaitu mampu menyimpan semua jenis data, seperti data numerik, data alphabetis, kanji,kana,hiragana,simbol,dan kode biner. Secara spesifik, kode QR mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter. Selain itu kode QR memiliki tampilan yang lebih kecil daripada kode batang. Hal ini dikarenakan kode QR mampu menampung data secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis ukuran dari tampilannya gambar kode QR bisa hanya sepersepuluh dari ukuran sebuah kode batang. Tidak hanya itu kode QR juga tahan terhadap kerusakan, sebab kode QR mampu memperbaiki kesalahan sampai dengan 30%. Walaupun sebagian simbol kode QR kotor ataupun rusak, data aka tetap dapat disimpan dan dibaca. Tiga tanda berbentuk persegi di tiga sudut memiliki fungsi agar simbol dapat dibaca dengan hasil yang sama dari sudut manapun sepanjang 360 derajat. 

Awalnya kode QR digunakan untuk pelacakan kendaraan bagian di manufaktur, namun kini kode QR digunakan dalam konteks yang lebih luas, termasuk aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi berorientasi yang ditujukan untuk pengguna telepon selular. Di Jepang, penggunaan kode QR sangat populer, hampir semua jenis ponsel di Jepang bisa membaca kode QR sebab sebagian besar pengusaha di sana telah memilih kode QR sebagai alat tambahan dalam program promosi produknya, baik yang bergerak dalam perdagangan maupun dalam bidang jasa. Pada umumnya kode QR digunakan untuk menanamkan informasi alamat situs suatu perusahaan. Di Indonesia, kode QR pertama kali diperkenalkan oleh KOMPAS. Dengan adanya kode QR pada koran harian di Indonesia ini, pembaca mampu mengakses berita melalui ponselnya bahkan bisa memberi masukan atau opini ke reporter atau editor surat kabar tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar